Selasa, 29 Desember 2020

Pengalaman Tes Rekrutment Management Trainee PT Garuda Indonesia Persero TBK

 


Pengalaman Tes Management Trainee Garuda Indonesia atau yang biasa disebut MT Garuda ini juga menjadi salah satu sasaran para jobseeker dalam berkarir. Ya, siapa sih yang tidak kenal dengan perusahaan Garuda Indonesia? Perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi via udara ini memang yang paling terbaik di indonesia sampai dengan saat ini.

Dan yang paling banyak diminati adalah di posisi Management Trainee / MT dimana ini merupakan program unggulan di garuda dimana nantinya para MT yang akan menjadi Manager setelah melalui program training selama 2-3 tahun.

Jadi bisa dibilang program MT ini adalah program percepatan karir yang bisa dengan mudah langsung menjadi tingkat managerial setelah melalui proses training yang cukup rumit.

Kali ini kita akan membahas mengenai :

Pengalaman Tes Management Trainee Garuda Indonesia Dari Proses Tahapan Awal Sampai Dengan Akhir

Mungkin akan ada beberapa tahapan yang tidak sama atau urutannya yang berbeda karena memang tergantung situasi dan kondisi pada saat proses rekrutment. Namun akan saya berikan garis besarnya bagaimana proses yang pastinya akan kamu lewati nanti. Jadi kamu sudah bisa bersiap siap dengan gambaran tes kedepannya.

Kita mulai tahapan awalnya :

1. Submit Application Di Website Garuda Indonesia

Kamu bisa langsung mendaftarnya di website resmi garuda indonesia. Kamu bisa mencari dengan kata kunci garuda indonesia karir, maka akan terlihat di google website resmi dari garuda indonesia. Setelah itu kamu bisa memilih ingin melamar diposisi apa, sebaiknya untuk memilih satu posisi yang kamu inginkan.

Lengkapi seluruh berkas yang diminta dan dilampirkan untuk bisa memperbesar peluang kamu dipanggil di tahapan tes rekrutment awal.

2. Video Resume Garuda Indonesia

Ini merupakan tahapan awal yang akan kamu jalani. Jika semua berkas sudah kamu kirimkan besar kemungkinan kamu akan di panggil untuk mengikuti tahapan awal ini. Tes awal ini cukup dibilang mudah, karena kamu diharuskan membuat video pendek yang berisikan perkenalan diri kamu beserta background kamu.

Isi video resume submission antara lain sebagai berikut :

·         Perkenalan diri (Nama, usia, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, dll)

·         Alasan mengapa kamu tertarik untuk mengikuti program MT Garuda ini

·         Sebutkan prestasi terbesar yang pernah kamu dapatkan

·         Apa saja rencara karir kamu dalam 3-5 tahun kedepan ini

·         Ceritakan pengalaman apa yang pernah kamu hadapi dalam menghadapi tantangan (disertakan contoh, target, beserta solusinya untuk contoh individu dan juga kelompok / organisasi)

Jika kamu kebingungan dengan bagaimana cara membuat atau butuh contoh bagaimana hasil videonya, kamu bisa mencari di youtube untuk bahan referensinya. Coba saja ketikkan video perkenalan MT Garuda Indonesia. Jika tidak ada kamu bisa mengambil referensi MT di perusahaan lainnya.

Ouw ya perhatikan juga dengan bahasa, apakah yang diminta menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris. Kalau tidak ada keterangannya kamu bisa menggunakan bahasa inggris agar mendapatkan nilai yang lebih bagus.

3. Psikotest Dan Tes Bahasa Inggris Garuda Indonesia

Jika lolos dan memenuhi persyaratan tes, maka tahapan selanjutnya adalah psikotest awal yang dilanjut dengan tes bahasa inggris. Apa saja yang harus kamu persiapkan ? simak berikut ini :

Bocoran Psikotest Awal Garuda Indonesia :

·         Tes deret angka matematika

·         Tes Bahasa seperti sinonim antonim

·         Tes menggambar manusia yang sedang beraktifitas dan pohon berkambium

·         Wartegg Test yaitu melanjutkan gambar menjadi mempunyai arti

·         Tes koran Kreplin

·         Tes mencocokkan pola gambar dan bangunan ruang yang sama atau berbeda

Tes Bahasa Inggris Garuda Indonesia :

·         Tes Tenses

·         Stucture bahasa

·         dan soal cerita dalam bahasa inggris

Untuk tes bahasa inggris ini hampir seperti tes TOEFL pada umumnya. Jadi kamu bisa belajar belajar terlebih dahulu. Dikarenakan tes ini langsung diadakan seharian penuh, maka ada baiknya kamu sudah sarapan terlebih dahulu dan membawa bekal atau minimal minum pada saat tes berlangsung.

4. Tes Background Check Garuda

Pada tahapan ini sudah banyak kandidat yang mulai tersingkir. Dan untuk tes ini tidaklah rumit, karena kamu hanya diminta untuk membawa berkas asli yang diminta. Berkasnya seperti izasah, transkip nilai, ktp, kk dan lain lain. Kamu akan menerima jadwalnya melalui emai, jadi perlu untuk selalu cek email kamu ya.

5. LGD / Leaderless Group Discussion  Garuda Indonesia

LGD dan FGD hampir sama untuk tesnya, jadi kamu jangan kaget ya. Disini para kandidat hanya diminta untuk saling berdiskusi antara kandidat lainnya yang nantinya dipresentasikan bersama. Sebelum mengikuti tes ini ada baiknya untuk kamu mempelajari bisnis garuda, baik untuk produk yang dijual apa saja sampai dengan tujuan destinasi lokal dan internasionalnya apa saja.

Karena pembahasan nantinya akan bertema seputar bisnis penerbangan di studi kasus garuda indonesia. Kamu juga bisa mempelajari kompetitor dari garuda indonesia ini berkembang.

Nantinya seluruh kandidat akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan masing masing kelompok akan diberikan berbeda beda tema atau studi kasusnya. Jika sudah dibagi maka kalian akan diminta untuk menganalisa terlebih dahulu mengenai kasus ini.

Setelah itu barulah dipersilahkan untuk berdiskusi antar satu kelompok untuk mengungkapkan pendapatnya. Usahakan untuk aktif namun tidak menjatuhkan pendapat dari orang lain dalam berdiskusi.

Kamu akan diberikan waktu 1 jam untuk menganalisa apa yang terjadi di kasus tersebut. Disini kamu diminta untuk membuat analisa SWOT dimana kamu harus mencari apa Strength = kelebihan, Weakness = kelemahan, Opportunity= kesempatan, dan Threat = ancaman dari kasus tersebut. Analisa nantinya ditulis dalam selembar kertas.

Usahakan untuk membuat sejelas mungkin, gunakan point point penting saja agar lebih mudah dan cepat. Analisa dimulai dari apa saja masalah yang timbul, sampai dengan solusi memperbaiki masalah satu persatu.

Setelah selesai menganalisa, maka kalian diberikan waktu 45 menit untuk berdiskusi bersama dan memecahkan masalah dengan solusi yang paling baik. Nantinya tiap kelompok akan ada 1 orang tim dari garuda indonesia yang menilai siapa yang paling aktif.

Jika sudah menemukan satu solusi, maka nantinya setiap kelompok akan presentasi didepan kelompok lain. Disini kelompok lain berhak untuk bertanya satu sama lain. Dan jika kamu bertanya maka akan ada poin plus yang akan kamu dapatkan.

Acara selanjutnya dari LGD ini adalah Interview Kompetensi.

Nantinya kalian semua akan mendapatkan giliran satu persatu untuk wawancara dengan pihak HRD Garuda Indonesia. Disini wawancaranya masih bersifat pengenalan diri dan juga review dari tes awal sampai dengan LGD terakhir tadi.

Berikut untuk daftar pertanyaannya kurang lebih seperti ini :

·         Perkenalan diri dimulai dari identitas sampai dengan pengalaman

·         Pertanyaan seputar kesibukan sehari hari dari kuliah sampai dengan ikut organisasi

·         Pengalaman magang dan skripsi yang kamu capai

·         Pertanyaan seputar pengalaman kerja jika memang kamu pernah bekerja sebelumnya

·         Prestasi dan hal yang paling kamu banggakan sampai saat ini apa saja

·         Ceritakan hal yang tersulit yang pernah kamu alami beserta jalan keluarnya seperti apa

·         Menyebutkan 3 kelebihan dan kekurangan kamu beserta contohnya

6. BOD Interview Garuda Indonesia

Selanjutnya adalah BOD interview atau biasanya interview user di garuda indonesia. Nantinya kamu akan menjalani interview panelist dimana biasanya ada 3-5 orang yang akan mewawancarai kamu. Dan orang yang mewawancarai kamu bukanlah orang sembarangan. Kamu akan langsung diwawancarai oleh para manager bahkan bisa sampai dengan vice president dari garuda indonesia. Jadi persiapkan diri kamu sebaik mungkin.

Saran dari saya adalah agar kamu bisa lebih memahami apa itu garuda indonesia beserta dengan bisnis yang dilakukannya seperti cargo atau sampai hal sedetail mungkin seperti kelemahan garuda dari kompetitor lainnya. Ini yang harus kamu riset lagi sebelum ketahapan interview user.

Interview kali ini akan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa penyampaiannya. Jadi jangan kaget lagi ya.

Berikut list daftar pertanyaan interview user :

·         Perkenalan diri dimulai dari identitas, kuliah, organisasi, pengalaman kerja atau magang

·         Sudah pernah naik garuda sebelumnya ? bagaimana tanggapan kamu mengenai perusahaan ini

·         Mengapa memilih garuda indonesia dalam berkarir

·         Seberapa konsisten anda dalam berkarir di garuda indonesia. Bagaimana jika kamu mendapatkan tawaran kerja di perusahaan lain yang lebih menjanjikan

·         Ceritakan apa saja yang kamu tahu tentang sub bisnis garuda selain transportasi passenger

·         Apa yang kamu ketahui tentang bisnis cargo

·         Lebih memilih passenger atau cargo ? sebutkan alasannya

·         Apa kekurangan garuda indonesia yang kamu ketahui daripada kompetitor lainnya

·         Apakah ada pertanyaan ?

Tips untuk kamu adalah untuk mempersiapkan apa yang harus kamu tanyakan setelah diberikan kesempatan untuk bertanya. Usahakan bertanya masalah teknis yang sudah dibahas sebelumnya ya. Jangan bertanya mengenai kapan pengumuman selanjutnya atau kira kira setelah ini tes apa atau berapa besaran gajinya nanti.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Mengapa Anda Tertarik Bekerja Disini <<<

7. MCU Garuda Indonesia

Tahapan selanjutnya adalah medical check up. Berikut untuk tesnya :

·         Tes sample darah dan urin

·         Tes cek kondisi gigi

·         Rontgen paru paru

·         Cek jantung

·         Cek mata, amandel dan telinga

Usahakan untuk puasa terlebih dahulu 10-12 jam sebelumnya dan perbanyak minum air putih. Jangan bergadang sebelum tes dimulai ya.

8. Tanda Tangan Kontrak

Setelah itu akan ada tanda tangan kontrak, jika sampai tes ini maka kamu sudah diterima di sini jika tanda tangan kontrak kerja. Nantinya kamu akan diberi tahu mengenai gaji, tunjangan sampai dengan tahapan MT di garuda indonesia ini seperti apa. Pasal pasal dalam kontrak hendaknya kamu baca dengan detail dan bisa ditanyakan ke HRD jika ada yang kurang jelas.

Selesai. Terima kasih sudah membaca mengenai Pengalaman Tes Management Trainee Garuda Indonesia. Semoga bermanfaat dan semoga sukses untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Tes Management Trainee Astra International

  Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan Astra international ini. Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan ini sudah sangat terkenal...