Kamis, 24 Desember 2020

Cara Mendaftar Lokasi Alamat Di Google Maps Melalui HP dan Komputer

 


Pastinya sudah tahu mengenai fitur Gmaps atau Google Maps yang bisa menandakan lokasi alamat dimap sebagai penunjuk arah atau titik baru. Namun bagaimana cara mendaftar lokasi di google maps yang paling mudah ? simak tips dari kami.

Dengan maraknya aplikasi transportasi online, maka kitapun perlu untuk mendaftarkan lokasi alamat di google maps untuk menunjang bisnis kita agar lebih mudah dicari oleh calon konsumen.

Tujuannya tidak lain untuk mempermudah orang orang dalam menemukan dan mencari lokasi dengan rute yang terdekat. Jika kamu sudah mendaftar lokasi di google maps, maka tempatmu akan mudah dicari oleh orang dengan langsung mengetikkan keyword yang dituju seperti “Kos Putra Harapan Bangsa 1” maka secara otomatis akan langsung menuju ke lokasi tersebut.

Hal ini juga dimanfaatkan untuk berbisnis, baik untuk menandai toko ataupun untuk usaha kuliner juga sangat bermanfaat. Diharapkan calon konsumen bisa lebih mudah mencari toko kamu atau usaha kamu.

Berikut cara mendaftar lokasi di google maps melalui HP (Handphone)

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan perangkat seluler kamu karena HP saat ini sudah dilengkapi oleh fitur Google Maps yang sudah terinstall langsung di HP kamu. Berikut cara mendaftar lokasi alamatnya :

·         Sebelumnya aktifkan GPS di HP kamu.

·         Buka aplikasi Google Maps, klik tanda strip tiga yang ada di area pojok kiri atas kemudian pilih “Add a missing place” jika menggunakan bahasa inggris atau “Tambahkan tempat” jika menggunakan bahasa indonesia yang berada di bawah bar.

·         Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa form seperti : Nama Tempat, Alamat lengkap, Pilih Kategori, dan menambahkan Nomor HP, Website jika ada serta foto yang bisa melengkapinya.

·         Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah membagikan lokasi alamat tersebut ke aplikasi pesan seperti WA atau lainnya agar bisa dicoba oleh pengguna lain.

·         Setelahnya kamu tinggal menunggu dari pihak google untuk mereview apakah lokasi tersebut benar benar valid atau tidak selama beberapa hari.

Cara mendaftarkan lokasi di google maps melalui komputer

Jika kamu menggunakan komputer atau laptop, maka kamu juga bisa mendaftarkan alamat di google melalui browser seperti google chrome atau mozilla. Berikut caranya :

·         Buka aplikasi browser seperti google chrome lalu ketikkan Google Maps

·         Setelah terbuka, maka klik tombol strip 3 baris yang ada di pojok kiri atas sama seperti pada Handphone.

·         Selanjutnya pilih “Tambahkan Tempat” yang ada di area kolom bawah.

·         Lalu akan muncul form yang harus kamu isi seperti Nama Tempat, Alamat lengkap, Pilih Kategori, dan menambahkan Nomor HP, Website jika ada serta foto yang bisa melengkapinya.

·         Atur kembali titik lokasi yang ingin dikehendaki agar lebih akurat lagi.

·         Selanjutnya adalah klik tombol “Submit” dan masuk ke akun Gmail kamu.

·         Isi dari pesan di gmail adalah sebagai informasi kembali mengenai data yang telah kamu submit sebelumnya. Jika belum menerima email maka ulangi langkah diatas tadi.

·         Selanjutnya google akan memberikan informasi bahwa lokasi yang kamu daftarkan sudah direview dan tinggal menunggu untuk ditanyangkan setelah beberapa hari kemudian.

 

Penutup

Itu tadi beberapa cara mendaftar lokasi di google maps yang paling mudah untuk dipahami. Kamu harus menunggu sampai dengan lokasi yang kamu berikan sudah benar benar di review oleh pihak google. Jadi harap bersabar sampai beberapa hari atau minggu kedepan.

Bagi kamu yang memiliki usaha apa saja ada baiknya untuk mendaftarkan lokasi di google maps dan menambahkan website yang kamu miliki. Ini akan membantu google juga dalam merangking peringkat website kamu agar menjadi nomor 1.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Tes Management Trainee Astra International

  Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan Astra international ini. Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan ini sudah sangat terkenal...